03 Dec, 2012 from Tempo.co News Site

Abbas: Ya, Kini Kita Punya Negara!

TEMPO.CO, Ramallah - Presiden Palestina Mahmud Abbas kembali ke Tepi Barat pada hari Minggu setelah PBB meningkatkan status Palestina sebagai negara non-anggota. "Palestina telah mencapai prestasi bersejarah di PBB," kata Abbas, tiga hari setelah Majelis Umum PBB memberikan Palestina status negara pengamat non-anggota dalam pemungutan suara 138 berbanding 9. "Ya, sekarang kita memiliki negara."

Ia menyatakan penghargaannya untuk dukungan internasional atas Palestina. "Dunia berkata dengan suara keras ... ya untuk negara Palestina, ya untuk kebebasan Palestina, ya untuk kemerdekaan Palestina, tidak untuk agresi, tidak untuk pemukiman, tidak untuk pencaplokan wilayah," kata Abbas di depan massa yang menyambutnya.

Abbas berjanji bahwa setelah kemenangan di PBB, ia akan bekerja untuk mencapai persatuan Palestina dan menghidupkan kembali upaya untuk mendamaikan faksi Fatah-Hamas. "Kami akan mempelajari selama beberapa hari mendatang langkah yang diperlukan untuk mencapai rekonsiliasi," katanya.

Tahun lalu palestina mencoba melakukan upaya serupa namun gagal untuk memenangkan keanggotaan penuhnya di PBB. Permohonan terhenti karena veto Amerika Serikat.

AS, Israel dan beberapa negara lain juga menentang upaya Palestina kali ini. Tetapi dengan tidak adanya veto yang tersedia di Majelis Umum, status itu didapat palestina dengan mudah. Langkah ini memberikan akses Palestina ke berbagai lembaga internasional, termasuk Mahkamah Pidana Internasional, dan meningkatkan profil internasional mereka setelah bertahun-tahun perundingan perdamaian yang macet dengan Israel.

REUTERS | TRIP B

Berita terpopuler lainnya:

Indonesia Jadi Tuan Rumah Miss Universe  

ITB Siap Kembalikan Uang Rp 10 Miliar ke Mahasiswa

Prancis Punya Masjid Gay Pertama 

Jangan Pernah Lakukan Ini di Korea Selatan 

Hashim Djojohadikusumo Jadi Pembina Partai Kristen

03 Dec, 2012


-
Source: http://www.tempo.co/read/news/2012/12/03/115445489/Abbas-Ya-Kini-Kita-Punya-Negara
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.